[INFO] Bebas Stress Dalam 15 Detik

Sebagai perempuan bekerja yang harus mengejar target atau deadline, stres mudah datang kapan saja. Saat kamu menghadapi evaluasi dari owner perusahaan tempatmu bekerja, ataupun harus presentasi pertama kali di depan dewan direksi, begitu banyak hal yang dapat membuatmu gugup dan penuh tekanan. Jika kamu tidak dapat mengatasinya, kamu bisa stres dan semua yang telah kamu rencanakan menjadi berantakan.

Lalu harus bagaimana? Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi stres. Ada cara cepat dan mudah untuk membuat kamu tetap tenang di dunia yang penuh ‘kejutan’ ini. Masing–masing cara ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik.

Posisi Yoga

Ketika stres, tubuh akan kaku dan nafas menjadi sulit. Karena itu, satukan kedua tangan seperti jika kamu ingin berdoa di belakang. Tarik kedua bahu dan kepalamu ke belakang, lalu tarik nafas yang dalam.

Streching – streching

Buat kamu yang lebih banyak duduk, tegakkan tubuhmu di kursi. Angkat kaki kanan dan letakkan pergelangan kaki kanan kamu pada lutut kirimu. Condongkan tubuhmu ke depan dan tarik sejauh yang kamu bisa. Lakukan secara bergantian dengan kaki kirimu. Gerakan ini akan membuat otot pinggul lebih rileks.

Go Nuts!

Mengemil adalah salah satu cara untuk mengurangi stres. Tapi agar aktivitas ini tidak menambah stress baru untuk kamu karena berat badan jadi naik, ganti cemilan ‘gorengan’ menjadi kacang-kacangan saja. Kacang memiliki kandungan tryptophan dan magnesium yang tinggi. Dua kandungan ini sangat berguna untuk memproduksi serotonin, hormon yang dapat memberikan rasa tenang sehingga stres teratasi.
Mengelus telinga

Tidak hanya Ciko, golden retriever peliharaanmu yang suka digaruk kupingnya. Aktivitas ini juga berlaku untuk manusia. Menurut Ayuverda, ajaran kehidupan dari India yang telah ada sejak 5.000 tahun lalu, di telinga terdapat titik-titik marma – semacan titik syaraf seperti di akupuntur- yang memiliki hubungan dengan bagian tubuh lain. Caranya: cukup garuk lingkaran pada daun telingamu, masing-masing dengan tangan kanan dan kiri saat kamu stres.

Aromaterapi

Aromaterapi memiliki efek yang menenangkan dan dapat membuat kamu rileks. Aromaterapi yang bisa kamu manfaatkan adalah lavender, lemon balm, chamomile dan geranium. Caranya: Ambil bola kapas, dan tetesi dengan aromaterapi. Taruh di tempat strategis yang ada aliran angin. Setiap kali angin berhembus. Aromaterapi akan tercium ke seluruh ruangan dan membuatmu lebih rileks.

Vitamin C

Tak salah lagi. Selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh, para peneliti di Universitas Alabama juga mengatakan vitamin C juga dapat mengurangi hormone stres dalam darah. Penelitian tersebut menyarankan dosis 1.000 mg vitamin C.

Tertawa terbahak – bahak

Menurut sebuah penelitian di Universitas California, tertawa terbahak-bahak meningkatkan produksi hormon anti stres yang dapat bertahan hingga 24 jam. Tidak perlu harus mencela orang lain untuk bisa tertawa terbahak-bahak, kamu bisa menstimulasi tawamudengan membaca komik lucu, membaca joke of the day, atau berkaca dengan mimik aneh sampai kamu merasa geli sendiri.

Be in the moment

Fokus pada apa yang kamu hadapi hari ini, dan gunakan seluruh inderamu untuk berhubungan dengan lingkunganmu. Jay Winner, M.D., pengarang buku Take the Stress Out of Your Life memberi contoh saat kamu makan siang, hirup aroma dan rasakan masakan tersebut di mulutmu selama 10 detik. ”Ambil 10 detik itu dan biarkan sensasi masakan tersebut masuk dalam pikiranmu,” saran Dr. Jay. Contoh lain yang disarankan adalah berjalan tanpa alas kaki di tanah dan rasakan ketika telapak kakimu menyentuh bumi.

Sumber

Your coMmenT is so pReciOus...^0^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s