[TUTORIAL] Tutorial WordPress for Newbie – Part 2

Cherries udah baca Tutorial WordPress di Part 1 nya kan?? Nah di sini author mau sharing Part 2 nya, yaitu Tutor untuk men-design blognya atau memilih Theme.

Author biasanya untuk memilih Theme, ga asal pilih aja, tapi di liat juga dari bentuk dan warna. Tapi sebenernya untuk memilih Theme itu kembali ke selera masing-masing sih, cuma di sini author mau ngasih Tips memilih Theme yang kaya gimana sih yang bagus itu. Pertama setelah kalian di Dashboard, sorot Mouse kalian ke Appereance.

1. Biasanya author akan memilih dulu dari bentuk Themenya, ada Theme yang berupa Blogging atau Photograp. Apa bedanya? Kalau yang blogging biasanya, postingan di Homepage itu akan tampil utuh tanpa di Read More secara otomatis. Bingung? Di bawah ini contohnya.

Itu masih blog author juga, itu author pake Theme namanya Pool. Jadi, tampilan postingannya terlihat di Homepage secara utuh.

Sedangkan di bawah ini Theme yang Photograp

Itu Theme namanya Tirton Lite, di mana postingan Cherries akan secara otomatis di Read More dan yang tampil di Homepage hanya berupa foto-foto seperti gambar di atas. Itu kalau di postingan Cherries ada fotonya, kalau ga ada fotonya, biasanya yang muncul hanya judul dari postingan aja.

2. Setelah memilih Bentuk Theme, author pasti akan memilih banyaknya Sidebar. Author lebih suka yang dua Column, jadi cuma ada satu Sidebar aja, di kiri atau di kanan karena ada beberapa Theme yang memang menyediakan dua sampai beberapa Sidebar alias Column. Tapi Cherries bisa bebas mau Theme yang berapa Column, bisa liat di Detailsnya.

3. Nah, setelah liat bentuk Theme, lalu banyaknya Column, biasanya author akan memilih Theme yang bentuk form komentarnya rapi, karena kadang suka ada Theme yang tampilan komentarnya agak gimana gitu, jadi keliatannya ga rapi, apalagi kalau komentarnya sampai ratusan, itu pas di sorot ke bawah malah jadi kaya yang berantakan, jadi author pasti liat juga gimana tampilan komentarnya, seperti blog author yang ini, tampilan komentarnya menurut author udah bisa di bilang rapi.

4. Nah setelah itu, author juga pasti akan memilih Theme yang bisa menampilkan ukuran Header dengan ukuran besar. Kenapa? Karena kalau kecil, kadang kalau gambar suka jadi kaya yang ke jepit, jadi author suka Theme yang Headernya bisa pake ukuran yang besar, kaya Header di blog author yang ini, bisa kalian liat sendiri kan, Headernya Gwede,,,hehe…

5. Selain Header, author juga pasti memperhatikan untuk Theme yang bisa menggunakan Background Image. Ada beberapa Theme yang ga bisa pake Background gambar alias cuma bisa pake Background warna aja. Dan author lebih suka Theme yang punya Support Background Image.

Nah, untuk tips atau Tutor design blog atau memilih Theme cuma segini aja dari author, kalau masih ada yang bingung silahkan kalian tanya sama author yah..:)

Semoga bermanfaat…

DO NOT TAKE OUT WITHOUT PERMISSION

4 thoughts on “[TUTORIAL] Tutorial WordPress for Newbie – Part 2

  1. Annyeong Eonni, Thanks buat tutorialnya, bermanfaat bgt. aku jadi gak asal pilih Tema dh. Jeongmal Gomawo Eonni. salam kenal Meylita Imnida.

    boleg gak lau Q ikut pake tema ini ??

Your coMmenT is so pReciOus...^0^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s