[TUTORIAL] Tutorial WordPress for Newbie – Part 3

Annyeong Cherries, author kembali dengan membawa Tutorial Part 3…Kali ini author mau bikin Tutor membuat Postingan. Sebelumnya kalian harus udah ada di Dashboard kalian yah…

Nah, kalau udah ada di Dashboard, silahkan kalian sorot Mouse kalian ke Post, lalu Add New Post seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu, kalian bisa memberi judul postingannya seperti gambar di bawah ini

Setelah Cherries mengisi judul postingan, Cherris bisa mulai mengisi postingannya di kolom yang author lingkari warna hitam di bawah ini.

Untuk mulai posting, Cherries bisa milih dalam keadaan Visual atau Text seperti yang author lingkari warna Merah dan Ungu seperti di atas. Apa bedanya? Kalau Visual, itu kalau Cherries upload foto, foto akan langsung muncul, dan kalau Cherries ketik sesuatu bisa langsung di Bold, di cetak miring, dll. Tapi kalau dalam keadaan Text, Cherries kalau upload foto yang muncul adalah kode HTML nya aja, atau Cherries bisa masukin beberapa kode HTML lain,

Lalu gimana cara upload foto?? Silahkan Cherries liat beberapa icon yang ada di atas, untuk upload foto, Cherries bisa pilih icon seperti gambar yang author lingakri warna hitam seperti di bawah ini.

Nanti tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Cherries bisa meng-upload foto yang akan Cherries masukan ke dalam postingan. Tunggu sampai uploadnya selesai dan nanti akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Cherries bisa mengganti Title dari foto itu sendiri atau ga juga ga apa-apa, lalu untuk Caption, itu kalimat yang akan tertera pada foto itu sendiri, seperti contoh gambar di bawah ini.

Kata Khuntoria Forever itu yang author masukin di caption. Kalau Cherries ga pake Caption juga ga apa-apa ko.

Dan setelah memilih Caption, Cherries bisa mengatur foto yang tadi Cherries upload mau di taruh di sebelah mana, liat di Alignment-nya ada None alias foto akan ada di posisi biasa, Left alias foto akan ada di sebelah kiri dan ketikan kalian akan otomatis berada di sebelah kanannya, Center alias foto akan ada di posisi tengah dan Right alias foto akan ada di sebelah kanan dan ketikan Cherries otomatis akan ada di sebelah kirinya.

Setelah setting Alignment-nya, Cherries bisa men-Setting ukuran fotonya, bisa thumbnail, medium, large atau full size. Kalau udah selesai, klik Insert into post maka foto yang Cherries upload akan langsung muncul.

Untuk Cherries yang mau merubah warna Teks dengan warna yang Cherries mau, silahkan klik icon seperti gambar yang di lingkari di bawah ini.

Nanti tampilannya akan seperti di bawah ini.

Sorot text mana yang mau Cherries ubah warnanya, contoh seperti gambar di bawah ini, author sorot tulisan kata Newbie.

Lalu klik icon seperti gambar yang di lingkari di bawah ini.

Dan nanti tampilannya akan seperti di bawah ini.

Pilih warna yang Cherries mau.

Sedangkan untuk memasukan link di text, Cherries bisa sorot kata yang mau di masukin linknya, contoh dari kata Newbie seperti di atas, sorot terlbih dulu kata mana yang mau di masukin linknya, lalu klik icon seperti gambar yang di lingkari di bawah ini.

Nanti akan muncul seperti di bawah ini.

Masukan URL linknya, lalu judul atau Title ( ga di ganti juga ga apa-apa ), kalau Cherries mau saat Reader klik tulisan itu akan di buka di Window yang sama, maka untuk kata “Open link in a new window/tab” ga usah Cherries kasih tanda centang, tapi untuk Cherries yang mau tulisan itu di buka di New Window, bisa kasih tanda centang di kalimat “Open link in a new window/tab” tadi, lalu klik Add Link.

Nah,Cherries juga bisa isi Categoriesnya, bebas mau bikin Categories apa yang kira-kira berhubungan sama postingannya Cherries. Dan bisa isi juga Tags nya sesuai dengan yang Cherries mau. Oh ya, untuk postingan yang kira-kiranya panjang dan Theme yang Cherries pake ga mendukung Read More secara otomatis, tenang aja ada caranya ko supaya postingan itu di Crop alias di Read More.

Sebelumnya Cherries harus ada di keadaan Text dan bukan Visual. Setelah itu, Cherries tentuin di mana kalimat yang mau Cherries Crop, lalu klik icon seperti gambar yang di lingkari di bawah ini.

Nanti tampilannya akan seperti gambar di bawah ini yang author lingkari.

Maka nanti postingan kalian akan secara otomatis di Read More.

Nah, kalau udah selesai dan Cherries mau langsung publish postingannya, Cherries bisa langsung klik Publish di sebelah kanan dan postingan Cherries udah bisa di liat di Homepage….

Gimana, untuk Tutor Part 3 ini masih ada yang ga ngerti kah? Atau bingung? Hehehe,,,maaf yah, author bener-bener paling ga bisa deh bikin Tutor, tapi mudah-mudahan Tutor ini bermanfaat dan kalian bisa ngerti, hehe…;)

Sampai ketemu di Tutor lainnya yah..Annyeong..^^

DO NOT TAKE OUT WITHOUT PERMISSION

4 thoughts on “[TUTORIAL] Tutorial WordPress for Newbie – Part 3

  1. Adminim, numpang tanya. Aku kudet banget (Jujur aja) di WP, dan kalau aku mau publish sesuatu, tombol publishnya berubah jadi Draft dan gak bisa dibalikin lagi ketombol Publish, gimana ya itu caranya?Gomawoyo~

Your coMmenT is so pReciOus...^0^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s